Ahad, 16 September 2012

Beberapa warga muslim mati, demonstrasi Sudan menduduki Kedutaan Jerman di Khartoum


Ahad, 16 September 2012
KHARTOUM  Sedikitnya tiga warga muslim gugur oleh tembakan aparat keamanan rezim sekuler Sudan dalam aksi demonstrasi memprotes film anti-Islam di Khartoum, ibukota Sudan pada Jum'at (14/9/2012).
Lebih dari sepuluh ribu warga muslim Sudan menggelar aksi unjuk rasa memprotes film anti-Islam "Innocence of Muslims" di ibukota Khartoum pada Jum'at siang. Massa bergerak menuju gedung Kedutaan Besar Jerman. Massa demonstran terlibat bentrokan dengan aparat keamanan yang menghalang-halangi aksi demonstrasi.
Ribuan demonstran akhirnya berhasil memasuki kompleks Kedubes Jerman. Mereka memanjat atap gedung, menurunkan bendera Jerman dan menggantinya dengan bendera hitam bertuliskan lafal tauhid. Massa juga membakar bendera Jerman di halaman gedung dan mencoba memecahkan kaca jendela gedung.
Massa demonstran juga mencoba memasuki Kedubes Inggris yang berada tepat di sebelah Kedubes Jerman. Aparat keamanan dalam jumlah lebih besar mencoba menghadang massa demonstran. Aparat keamanan menembakkan gas air mata ke arah demonstran dan demonstran membalasnya dengan lemparan batu.
Usaha massa untuk menggelar aksi demonstrasi di Kedubes AS digagalkan setelah aparat keamanan memblokir seluruh jalan menuju gedung Kedubes AS. Tembakan aparat keamanan telah menewaskan sedikitnya tiga demonstran muslim. Untuk membubarkan massa, aparat keamanan mengerahkan mobil anti huru-hara dan menembakkan gas air mata.
Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle seperti dikutip oleh AFP mengatakan bahwa para staf diplomatik di kedutaan negara itu di Sudan aman.
(arrahmah.com)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan