Selasa, 27 November 2012

PM Turki mengecam drama TV yang menodai sejarah Kesultanan Uthmaniyah


Selasa, 27 November 2012
ANKARA - Sebuah serial TV telah mendistorsi sejarah Kesultanan Utsmaniyah atau yang juga dikenal sebagai Kerajaan Turki Utsmani, menurut Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, dikutip surat kabar Turki pada Isnin (26/11/2012).
"Teh Magnificent Century", film yang menceritakan tentang kehidupan Sultan Sulaiman, yang memimpin Kerajaan Turki Utsmani pada zaman keemasannya, telah populer di Dunia Arab, tetapi menurut Erdogan serial tersebut telah mencoreng citra sang Khalifah di abad ke-16 itu, Anadolu melaporkan.
Menurut laporan, serial TV tersebut menayangkan adegan yang tak layak yang menunjukkan seorang sultan muda dan gagah sedang bersenang-senang di kerajaannya dan meminum anggur (khamar).
"Ini bukanlah nenek moyang kami yang telah digambarkan dalam serial TV ini," katanya dalam acara peresmian sebuah bandara di provinsi Kutahya, 190 mil dari barat ibukota Ankara.
"Kami pergi ke setiap tempat yang mana nenek moyang kami mencapainya dengan kuda-kuda mereka, dan kami memperhatikan wilayah-wilayah ini," tambahnya.
Selama masa masa kekaisaran, Kerajaan Utsmani mencapai puncaknya, katanya. Beliau menghabiskan waktu 30 tahun dalam hidupnya di atas kuda, bertempur dan menaklukkan kota-kota, tambahnya.
Erdogan mengatakan bahwa dia sedang berusaha agar sutradara drama Turki itu menghadapi proses hukum. arrahmah.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan