Ahad, 29 Januari 2012

Khalid Misyaal Diam-Diam Telah Meninggalkan Markas Hamas di Syria


 Ahad 29 Januari 2012
 
Pemimpin gerakan Islam Palestina Hamas, Khalid Misyaal, secara efektif telah meninggalkan markasnya di ibukota Syria, Damaskus, diplomatik dan sumber-sumber intelijen mengatakan pada Jumat kemarin (27/1).

"Misyaal tidak tinggal di Syria saat ia bisa melakukannya,"kata seorang diplomat di wilayah itu yang berbicara dalam kondisi anonimitas.

Sebuah sumber intelijen regional, yang juga tidak ingin diidentifikasi, mengatakan: "Dia tidak akan kembali ke Syria. Itu keputusan yang dia buat. Masih ada kehadiran Hamas di sana, tapi itu tidak signifikan."

Damaskus diisolasi dunia internasional setelah pemberontakan berdarah 10-bulan menentang pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan menjadi negara tidak aman, diplomat itu mengatakan, menambahkan bahwa Misyaal tidak lagi mampu menerima kunjungan internasional di sana.

Analis mengatakan Misyaal juga malu dengan penindasan kekerasan yang dilakukan Assad, dengan lebih dari 5.000 orang dilaporkan tewas. Banyak korban dari pasukan keamanan adalah Muslim Sunni yang bersekutu dengan Ikhwanul Muslimin, yang sangat bergantung pada dukungan Misyaal.

Assad sendiri didukung terutama oleh sekte minoritas syiah Alawit dan minoritas lainnya.

Sumber tersebut mengatakan Misyaal tidak akan secara terbuka menutup markas politik Hamas di Syria.

"Dalam sebulan terakhir ia mungkin hanya tinggal lima hari di Syria dan sisanya ia habiskan di Qatar, Turki dan Mesir," kata diplomat itu. "Tapi dia tidak menutup kantor pusat di Syria secara penuh dan beberapa pejabat Hamas masih ada di sana."

"Keyakinan kami adalah bahwa Hamas tidak akan mengumumkan keberangkatan dari Syria bahkan jika itu terjadi," tambah diplomat tersebut.

Sumber tersebut mengatakan Misyaal saat ini di Mesir. Tapi tidak ada kesepakatan untuk membuka kantor di Kaherah, kata diplomat itu. (fq/reu)

eramuslimdunia

Tiada ulasan:

Catat Ulasan