Isnin, 28 Januari 2013

Mursi : Perintah  Darurat 30 Hari dan Waktu Malam di Tiga Bandar

Isnin 28 Jan.2013
Presiden Mesir Mohamed Morsi telah mengumumkan keadaan 30-hari masa darurat dan jam malam di tiga kota di sepanjang Terusan Suez yang telah menyaksikan bentrokan mematikan dalam beberapa hari terakhir.
Dalam pidato televisi pada Minggu malam, Morsi mengatakan tindakan darurat di Port Said, Ismailia dan Suez akan berlaku pada hari Senin dari pukul 9:00 waktu setempat ) sampai 6:00 am (4:00 GMT),
“Saya telah mengatakan bahwa saya menentang setiap tindakan darurat tetapi saya telah mengatakan bahwa jika saya harus menghentikan pertumpahan darah dan melindungi orang-orang maka saya akan bertindak,” kata Morsi.
Dia juga menyerukan dialog dengan politisi  mulai pada hari Senin untuk mengatasi situasi.
Bentrokan mematikan di seluruh negeri antara demonstran dan polisi telah menewaskan sedikitnya 48 orang sejak Jumat, ketika Mesir memperingati ulang tahun dua-tahun revolusi yang menggulingkan mantan Presiden Hosni Mubarak.
Tujuh orang ditembak mati dan ratusan lainnya terluka di Port Said pada hari Minggu dan setidaknya 30 orang tewas dalam bentrokan di kota pada hari sebelumnya.
“Turun, turun Morsi, turun , turun  rezim yang menewaskan dan menyiksa kami!” orang di Port Said dilantunkan .
“Saya tidak melihat bagaimana keputusan ini akan menanamkan keyakinan dalam masyarakat,” kata Rageh, mengacu pada keputusan presiden untuk memberlakukan keadaan darurat.
Dia mengatakan bahwa reaksi langsung di Port Said adalah salah satu dari ejekan dan skeptisisme masyarakat dengan banyak pertanyaan mengapa tiga kota kanal telah dikucilkan.
“Orang-orang [di Port Said] merasa bahwa keruntuhan kepercayaan terutama setelah kerusuhan hari ini, terutama dengan gas air mata yang ditembakkan ke pemakaman,” katanya.
Beberapa ratus orang melakukan protes di Ismailia, Suez, dan Port Said setelah pengumuman. Aktivis di tiga kota bersumpah untuk menentang jam malam sebagai protes atas keputusan.
eramuslim

Tiada ulasan:

Catat Ulasan