Sabtu, 30 Jun 2012

Muhammad Mursi Dilantik Jadi Presiden Mesir

Sabtu, 1 Julai 2012

Muhammad Mursi Dilantik Jadi Presiden Mesir
Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi menyampaikan pidato politiknya di depan puluhan ribu pendukungnya yang berkumpul di Tahrir Square, Kairo. (Reuters)
 Muhammad Mursi dilantik sebagai Presiden Mesir di lapangan Tahrir Square, Kairo, Mesir, Sabtu (30/6). Mursi terpilih sebagai Presiden Mesir pertama yang berasal dari sipil. Dalam pengambilan sumpahnya, Mursi memuji warga Muslim dan Kristen yang mampu bersatu dan memadati tempat bersejarah tersebut.

Tahrir Square adalah salah satu tempat bersejarah bagi warga Mesir saat menggulingkan Husni Mubarak dari kursi presiden pada tahun lalu. Dalam pidatonya di depan Mahkamah Konstitusi, ia bersumpah untuk menjunjung tinggi konstitusi.

"Saya akan menjaga kepentingan rakyat dan melindungi kemerdekaan dan keamanan bangsa," katanya seperti yang dikutip Al Jazeera, Sabtu (30/6).

Presiden dari partai Ikhwanul Muslimin itu berjanji untuk mengakhiri penyiksaan dan diskriminasi. Tak hanya itu, Mursi juga berjanji membebaskan warga sipil yang ditangkap tentara sejak revolusi. Lebih dari 12 ribu  orang telah diadili oleh pengadilan militer sejak Februari 2011 lalu.
Sumber republika.co.id

Tiada ulasan:

Catat Ulasan